Pendiri Halal Corner: “Banyak Makanan Berbuka Tidak Jelas Kehalalannya”


PRIHATIN dengan maraknya pemberian sedekah berupa makanan berbuka puasa yang tidak jelas kehalalannya, membuat komunitas Halal Corner berinisiatif menggelar acara bertajuk “Berbagi 1000 Ifthar Halal” di delapan wilayah di seluruh Indonesia.

Menurut penjelasan pendiri komunitas Halal Corner Aisha Maharanie, inisiatif kecil yang mereka lakukan ini tidak lain merupakan bagian dari edukasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya mengkomsunsi makanan halal bagi umat Islam.
“Banyak program sedekah pada bulan Ramadhan yang biasanya memberikan makanan ifthar tapi mereka belum menyajikan atau memperhatikan makanan yang belum jelas kehalalannya,” ujar Aisha kepada Islampos.com, Ahad kemarin (21/7/2013) usai acara pembagian makanan buka puasa kepada warga di masjid jami Al-Ikhlas Pejaten Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Menyitir hadits nabi yang menyatakan bahwa sedekah yang diberikan dari barang yang tidak halal maka tidak diterima sedekahnya oleh Allah, Aisha menegaskan atas alasan inilah acara komunitas Halal Corner bertajuk “Berbagi 1000 Ifthar Halal” memberikan makanan ifthar dari makanan yang jelas kehalalannya.

Namun Aisha tidak berani memvonis bahwa semua makanan yang dibagikan oleh berbagai pihak untuk berbuka puasa berasal dari makanan yang tidak halal. “Yah tidak semuanya begitu, minimal subhat lah,” ujar wanita alumni IPB yang pernah bekerja belasan tahun di BPPOM ini dan sangat memahami soal teknologi pangan.

Menanggapi fenomena acara berbuka puasa di cafe atau restoran yang belum jelas kehalalannya, Aisha menjelaskan bahwa hal itu kembali ke masalah edukasi halal kepada masyarakat. “Makan di cafe yang bagaimana dulu, bagaimana kondisi makanannya. Karena banyak di masyarakat memahami makananan tidak halal atau haram itu cuman babi, padahal banyak makanan di cafe atau restoran Cina masih bercampur dengan zat yang tidak jelas seperti ang chiu (arak Cina),” pungkas Aisha dengan logat Sundanya yang kental.[fq/islampos]

http://www.islampos.com/pendiri-halal-corner-banyak-makanan-berbuka-tidak-jelas-kehalalannya-70159/

Komentar