Bikin Gorengan Halal, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?


 Menu gorengan memang tak terlalu sulit dibuat. Bisa langsung digoreng tanpa tepung, ada juga yang gemar menyantap gorengan dengan tepung dan aneka bumbu. Semuanya sama-sama digoreng di dalam minyak panas hingga renyah.

Beberapa jenis komposisi gorengan yang lazim digunakan antara lain tepung, garam, lada, kemudian digoreng dalam minyak. Menurut Faried MS, selaku Kepala Pusat Informasi Halal LPPOM MUI, kini sudah banyak tepung terigu serta minyak goreng yang sudah memiliki sertifikat halal. Karenanya, konsumenpun tidak kesulitan lagi mendapatkan bahan pembuat gorengan yang halal.


Begitu juga dengan tambahan lain seperti keju, susu, cokelat untuk gorengan manis, dan juga tambahan penyedap rasa untuk gorengan gurih. "Yang harus dihindari adalah menggunakan bahan-bahan tambahan yang belum jelas kehalalannya. Pastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan telah bersertifikat halal," ungkap Faried saat dihubungi detikFood (28/05/2013).

Sebagai konsumen, faktor utama yang harus diperhatikan adalah kehalalannya. Jika ingin mengonsumsi menu gorengan, seperti fried chicken, kentang goreng, risoles, juga calamari, pastikan jika restorannya sudah memiliki sertifkasi halal. Jika membeli produk gorengan di penjual kecil, jangan sungkan untuk menanyakan bahan yang digunakan, apakah sudah bersertifikasi halal atau belum.

Faried juga menekankan jika gorengan juga memiliki beberapa faktor yang membuatnya jadi tidak halal. Di antaranya adalah penambahan bahan lain dalam gorengan yang harus dipastikan kehalalannya. Begitu juga penggunaan minyak goreng yang mengandung penjernih arang aktif. "Nah, arang aktif ini bisa berasal dari arang tumbuhan, bisa juga berasal dari tulang hewan yang tidak semuanya halal," imbuh Faried.

Sayangnya menurut Faried, kini belum ada penjual gorengan yang mengajukan sertifikat halal resmi. "Ini terjadi selain karena salah persepsi bahwa semua gorengan pasti halal, juga karena kesulitan menjamin kelangsungan Sistem Jaminan Halal (SJH) dari para pedagang. Kebanyakan dari mereka menggunakan bahan yang tidak terlalu banyak dan membeli di warung-warung terdekat," tutup Faried.

Mengonsumsi makanan yang halal merupakan keharusan setiap Muslim. Beragam jenis makanan, salah satunya gorengan juga harus dipastikan kehalalannya. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat menu gorengan yang renyah enak juga halal?

http://bimasislam.kemenag.go.id/halal/index.php/artikel/279-bikin-gorengan-halal-apa-saja-yang-harus-diperhatikan

Komentar