Alhamdulillah... Standar Halal Indonesia Kini Mendunia

Standar Halal Indonesia telah medapat pengakuan dunia. Pengakuan tersebut datang dari Brasil dan Belanda melalui perwakilannya dalam Annual General Meeting World Halal Food Council (WHFC) di Jakarta.

Brasil yang diwakili religious affairs CDIALHalal Brazil, Sh. Ali Achchar mengatakan standar halal Indonesia paling lengkap. "Standar halal ini mencakup banyak produk dengan berbagai cara memasak," ujarnya, Rabu (18/1).

Pengakuan juga datang dari Chairman Of Control Office Slaughtering Halal Quality Control Holland, Abdul Munim Al Chaman. "Standar halal Indonesia sangat jelas. Ketika berhadapan dengan dunia barat, yang penting adalah kejelasan. Ketika anda memberikan prosedur halal kepada para produsen, mereka tinggal membaca, mengerti, dan lakukan. Selanjutnya, kita tinggal mengontrol apakah sesuai standar atau tidak," ujarnya.

Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbanyak. Bagi Muslim, halal adalah kewajiban. Menurut Abdul, sangat normal apabila Indonesia memiliki standar halal yang paling baik. Walaupun pada kenyataannya tidak semua muslim peduli akan halal.

Dalam pertemuan WHFC disepakati, standar halal Indonesia akan dipakai di negara lain. Hal ini tentu menambah penting peran Indonesia dalam percaturan halal dunia. "Tapi hal ini juga tantangan, bagaimana supaya Indonesia tetap menjadi yang terdepan dalam halal dunia," ujar Ketua WHFC, Lukmanul Hakim.



Reporter : Roshma Widiyani
Redaktur : Djibril Muhammad

Komentar